Sabtu, 24 Juni 2017 - 11:50:07 WIB
Penerapan Simda Online
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Daerah - Dibaca: 36 kali

Memberikan layanan Online WEB SIMDA ONLINE

Sesuai dengan visi BPKP sebagai Auditor Presiden yang responsif, interaktif dan terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan negara yang berkualitas. Sehingga diperlukan penataan penerapan Aplikasi Desktop SIMDA berbasis online. 

Dengan pengalaman dan eksistensi, Vendor  menjembatani penerapan Desktop SIMDA Online.

 

Fitur layanan Simda Online BERBASIS WEB telah kami luncurkan sebagai alternatif penggunaan simda online, 

Demo SIMDA ONLINE dapat dilihat klik disini
User : demo2 - Passwd: 123

 

 

SIMDA KEUANGAN ONLINE BERBASIS WEB

 

 

 

SIMDA KEUANGAN ONLINE AKSES VIA SMARTPHONE

 

 

 

TOPOLOGI NETWORK WEB SIMDA ONLINE

 

Hubungi kami...  Dapatkan Gratis Free Access Simda Online untuk setiap BPKAD Selama 1 Bulan

 

Penjelasan :

 

  1. Server SIMDA BPKAD tetap berada di lokasi kantor BPKAD tanpa merubah topologi jaringan local existing.
  2. Aplikasi vendor tidak melakukan mensinkronisasi database simda.
  3. Dalam penerapan simda keuangan, dinyatakan bahwa setiap user/skpd dalam penggunaannya tidak melakukan transasksi atau sinkronisasi database, Karena penggunaan user/skpd hanya melalui web browser saja dengan Sepenuhnya sistem menggunakan protokol RDS dengan aplikasi Java servlet buatan vendor yang berada dipusat data center yang disewakan penggunaanya ke pihak BKD
  4. Administrator Aplikasi Simda sepenuhnya adalah pihak admin BKD sendiri, tanpa campur tangan pihak vendor dalam pengelolaan/penggunaan Aplikasi ataupun database simda.
  5. Server vendor, dalam hal ini tugas dan fungsinya mengemulasikan aplikasi simda keuangan milik BKD berbasis desktop (berada dilokasi kantor BKD) sehingga bisa diakses melalui web browser secara online.
  6. Penggunaan topologi diatas Menjembatani  USER agar setiap SKPD kabupaten dapat menginput langsung secara online ke server Aplikasi Desktop SIMDA BPKP/BPKAD/BKD
  7. Penggunaan akses internet di Server Aplikasi Simda di Kabupaten, misal, cukup menggunakan Telkom Indihome, rekomendasi minimal bandwith 1- 2Mbps. dan dapat menggunakan isp provider lainnya, bahkan menggunakan koneksi GSM 3G/4G juga dapat dilakukan.
  8. Pihak vendor dapat memberikan jaminan berupa pakta integritas bahwa pihak vendor secara teknis tidak dapat mengintervensi, merubah, memasuki, sistem & database secara tidak sah kedalam aplikasi simda keuangan bpkad.

 

 

 

Gambar Tablet Android, Menjalankan Aplikasi SIMDA Keuangan

  •     Meningkatkan pengetahuan SDM BPKAD dalam hal regenerasi pengelolaan dilingkungan instansi BPKAD itu sendiri.  sehingga jika ada pergantian staf pengelola akan lebih mudah diserah terimakan.

 

 

Gambar SmartPhone, Menjalankan Aplikasi SIMDA Keuangan

 

Tidak onlinenya server simda dalam menjalankan aktifitasnya dengan partner kerjanya yaitu setiap pengguna anggaran dalam hal ini SKPD/Instansi, membuat setiap SKPD menjadi sangat sulit untuk menginput data keuangan. Sehingga diperlukan suatu cara kerja yang lebih efisien.

Aplikasi SIMDA yang berbasis desktop saat ini digunakan Pemda Kabupaten/kota belum bisa online, dikarenakan terbatasnya bandwith, jaringan infrstruktur tidak memadai, serta penggunaan teknologi tidak tepat guna, sehingga input data selalu dilakukan secara terpusat dilokasi server berada. 

Perlunya dipikirkan bagaimana mengefisiensikan agar sisi server bisa tetap diakses secara online dan digunakan disetiap kantor SKPD atau dikantor Pemda lainnya atau dilokasi manapun dengan menggunakan sistem tepat guna, dalam hal ini penggunaan sebuah sistem yang memudahkan user untuk berinteraksi secara mudah dan efisien yaitu dengan penggunaan Cloud Application System berbasis web based.

 

Maksud & Tujuan penggunaan 

 

1. Menjadikan Server SIMDA Offline menjadi Simda Online dan  bisa melakukan Transaksi secara Real-Time

2. Membuat aplikasi Simda sangat Mudah dikelola dan mudah digunakan  hanya dengan menggunakan browser (Firefox, Internet Explorer, Safari, Google Chrom,…)

3. Dapat digunakan di perangkat gadget seperti smartphone, tablet ataupun handphone

4. Simda dapat digunakan di semua sistem operasi, (Apple Machintos, MS Windows, Linux) 

5. Kemampuan bersifat mobile atau mudah dipindah-pindahkan. 

 

Target/Sasaran :

 

1. Setiap SKPD dapat melakukan input data secara online secara mandiri dilokasi masing-masing untuk terhubung ke Server BPKAD. 

2. Memudahkan  maintain dengan system jaringan dengan cara remote system bagi administrator. 

3. Efisiensi biaya perjalanan dinas setiap skpd yang dapat dikurangi/dihilangkan karena sistem input data yang bisa dilakukan dimanapun secara online.

4. Kegiatan Operator input data dapat dihilangkan, karena menjadi kewajiban masing-masing User/SKPD.

 

 

 

Kekurangan jika BPKAD menggunakan tower untuk menghubungkan dengan setiap SKPD




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)